Ilmu alamiah dasar atau sering disebut ilmu
pengetahuan alam (natural science) merupakan ilmu pengetahuan yang menjelaskan
tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga
terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan
prinsip-prinsip dasar yang esensial saja dan ilmu yang hanya berbicara tentang
bagaimna metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam lebih
secara filosofi. IAD merumuskan pemikiran yang selalu di landasi oleh realisme,
karena ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah dan gejala-gejala
alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat
dilihat oleh indra.
Sedangkan ilmu alamiah dasar menurut
Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006: V) “Ilmu Alamiah Dasar” merupakan kumpulan
pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam
bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi”.
Ilmu alamiah dasar mempelajari dasar-dasar alamiah
secara universal atau keseluruhan. Metode-metode yang digunakan dalam
menafsirkan Ilmu Alamiah Dasar adalah metode-metode alamiah yang dapat dilihat
dan dirasa oleh indra sehingga,tidak dapat dengan mudah untuk mengambil
keputusan untuk membuat prinsip mengenai ilmu alamiah dasar jika tidak ada
realitanya.
Manusia sebagai subjek pokoknya yang
dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Salah
satu indikatornya ialah sifat unik manusia. Dibandingkan dengan makhluk lain,
jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya
sangat kuat. Umumnya dikatakan bahwa manusia dan binatang berbeda karena akal
budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak. Dan budi bersumber pada jiwa.
Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangannya manusia memanfaatkan akal budi
yang dimilikinya dan juga ditunjang dengan rasa ingin tahu, maka berkembanglah
pula ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Perkembangan pengetahuan pun
lebih berkembang lagi manakala ditunjang dengan adanya tukar menukar informasi
antar manusia.
Sumber :
This entry was posted
on 08.45
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
.