INOVASI TALAS  

Posted by: Unknown


Talas, apasih yang kalian tahu tentang talas? Yah talas itu merupakan tumbuhan penghasil umbi, populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Talas mirip dengan taro namun menghasilkan umbi yang lebih besar. Nama latin dari talas yaitu Colocasia esculenta.


Daun talas berbentuk perisai yang besar. Dulu, sewaktu kecil saya pernah memakai daun talas ini untuk digunakan sebagai pelindung kepala bila hujan. Permukaan daunnya ditumbuhi rambut-rambut halus yang menjadikannya kedap air karena air akan mengalir langsung meninggalkan permukaan daun.
Umbi talas dapat diolah dengan dikukus, direbus, atau digoreng setelah dipotong-potong kecil atau biasa kita kenal dengan keripik talas atau stick talas. Nah daun talaspun dapat dipakai sebagai pembungkus. Daun talas juga dapat dimakan dan dijadikan pembungkus makanan yang dikenal sebagai buntil.
Semakin maju dan berkembangnya zaman, masyarakat semakin pintar dan kreatif dalam melakukan sesuatu. Sehingga banyak ide-ide dan inovasi baru muncul. Dan inovasi tersebut dipergunakan masyarakat untuk mengolah suatu hal yang lama menjadi suatu hal yang lebih baru dan menarik. Talas memiliki banyak manfaat, namun masyarakat enggan untuk memperhatikan. Karena hal tersebut banyak masyarakat prihatin, manfaat talas yang begitu besar tidak dihiraukan oleh masyarakat. Sehingga masyarakat memutar otak, bagaimana cara memunculkan inovasi, agar masyarakat sadar betapa besar manfaat talas. Inovasi tersebut juga dipergunakan masyarakat untuk mengolah kembali aneka olahan dari talas. Contoh-contoh hasil olahan dari talas adalah sebagai berikut:

1.      Es Krim Talas

Kreasi usaha kecil menengah memang tidak ada dan tidak akan pernah ada matinya. Usaha dengan memanfaatkan bahan yang tersedia cukup banyak lah yang kemudian akan menjadi usaha yang dapat menghidupi diri sendiri dan keluarga. Salah satu usaha kecil menengah dan sangat inovatif adalah usaha es krim talas.


Talas adalah salah satu bahan pokok yang dapat kita dapatkan dengan mudah. Mencari produsen atau membudidayakannya sendiri tidak akan membutuhkan modal yang besar. Selain itu inovasi talas menjadi ide usaha masih terbilang sangat jarang. Dengan memanfaatkan image talas yang dianggap tidak memiliki manfaat yang banyak dapat menjadikan bisnis es talas ini sangat menarik minat konsumen untuk mencobanya.
Usaha es krim talas ini telah booming sejak beberapa tahun yang lalu, namun cita rasa es krim talas masih tetap mendapat minat dari para konsumen. Sensasi dingin dan manisnya rasa es krim yang ditawarkan, menjadikan pelanggan dari berbagai kalangan masih terus berdatangan. Saat ini pun tercatat mulai banyak pebisnis yang melakukan inovasi demi bersaing di pasaran. Persaingan yang sehat ini menuntut kita untuk terus berusaha menyajikan produk terbaik.
Tingginya kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, dan vitamin pada umbi talas menjadi manfaat yang dapat kita jadikan branding sendiri. Tidak heran jika produk es krim talas ini disukai mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa sebagai pilihan menu dessert yang bercitarasa lezat dan bertekstur lembut.
Untuk konsumen sendiri terbilang masih cukup mudah karena posisi negara kita yang berada di daerah tropis menjadikan suhu yang cukup panas. Es krim talas tentu dapat menjadi pesaing baru bagi es krim atau minuman dingin lainnya yang telah lebih dahulu familiar di kalangan masyarakat. Dengan bahan yang tidak begitu mahal untuk di dapatkan, tertarik kah anda untuk mencoba usaha ini?
Tertarik ingin memakannya? Atau membuatnya? Saya punya resepnya untuk membuat es krim talas yang enak dan nikmat ini. Silahkan dilihat :)
Alat dan bahan es krim talas:
1.      250 g talas kukus, haluskan
2.      250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3.      100 g gula pasir
4.      25 g tepung maizena
5.      1/2 sendok teh garam
6.      3 lembar gelatin rendam, peras, tim sampai larut
7.      150 g krim bubuk
8.      300 ml air es
9.      1/4 sendok teh esens pasta
10.  5 tetes pewarna merah muda
Cara membuat es krim talas:
1.      Kocok krim bubuk, air es, esens pasta, dan pewarna merah muda sampai setengah mengembang.
2.      Selanjutnya dinginkan adonan yang telah di kocok sebelumnya dalam lemari es.
3.      Blender talas dan santan sampai lembut.
4.      Masukkan gula pasir, tepung maizena, dan garam ke dalam adonan talas.
5.      Masak adonan talas sambil diaduk sampai mendidih dan kental.
6.      Tambahkan larutan gelatin dan aduk rata. 
7.      Selagi hangat masukkan sedikit demi sedikit ke kocokan krim sambil dikocok perlahan.
8.      Terakhir bekukan dalam freezer.

Kita bisa melakukan inovasi se-kreatif mungkin untuk mendapatkan produk yang dapat bersaing di pasaran. Tekuni usaha anda untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

2.      Kue Mangkok Talas Ungu

Kue mangkok talas hmm kelihatannya enak bukan? Memang sangat enak sekali. Ini inovasi dari talas menjadi salah satu makanan atau cemilan. Kue mangkok talas ini dapat dinikmati dengan secangkir teh hangat di pagi hari atau sore hari, bisa juga dimakan saat-saat sedang santai atau acara keluarga seperti arisan.

Lalu bagaimana membuatnya? Nah saya menemukan resep kue mangkok talas, silahkan lihat :)

Bahan A:
·         20gr tepung terigu protein rendah
·         35ml air
·         1sdt ragi instan

         Bahan B:
·         100gr gula pasir
·         150gr talas kukus, haluskan
·         1btr telur
·         130gr tepung terigu protein rendah
·         85ml santan cair hangat (dari santan instan)
·         ½sdt garam
·         2 tetes pewarna ungu½sdt pasta talas

Cara Membuat:
a. Bahan A: aduk rata tepung terigu, air dan ragi. Diamkan 30 menit.
b. Bahan B: campur gula dan talas, uleni sampai gula hancur.
c. Tambahkan telur dan bahan A. Uleni rata, masukan tepung terigu dan santan hangat bergantian serta garam. Uleni rata.
d. Tuang sisa santan hangat dan kocok mixer speed rendah dengan menggunakan spiral selama 15 menit.
e. Tambah pewarna ungu dan pasta talas. Diamkan 45 menit.
f. Panaskan cetakan muffin (aku pakai kertas cupcake) yang telah dioles minyak tipis2 dan dipanaskan dalam kukusan selama 10 menit.
g. Tuang adonan setinggi cetakan.
h. Kukus 20 menit dengan api besar sampai matang.
i. Sajikan

Mudah bukan? Selamat mencoba yaaaaaaaah :)

3.      Lapis Talas Bogor

Banyak kota di Indonesia yang menjadi tujuan bagi orang-orang berburu kuliner serta bertamasya, diantaranya adalah Bogor. Berjarak sejauh 50 KM dari Jakarta, kota ini menjadi tujuan akhir pekan bagi para keluarga serta pemburu kuliner, sebut saja oleh-oleh khasnya yang terbuat dari inovasi roti seperti roti unyil, dan baru-baru ini macaroni panggang serta berbagai bolu, namun penganan yang sebenarnya sangat sering ditemui di Bogor dari dulu adalah Talas, umbi ini menjadi ikon kuat kota Bogor.
Nah tahukah kalian mengenai Lapis Talas Bogor yang sedang booming ini? Rizka Wahyu Romadhona menangkap talas sebagai ikon Bogor yang potensial untuk dikembangkan. Menggabungkan dengan pengangan khas Surabaya berupa Lapis Surabaya, mba Rizka pun membuat kue lapis dengan bahan dasar talas sebagai pengganti terigu. Bermodal resep dari Ibunya yang tinggal di Surabaya, mixer milik mertua dan uang sebesar Rp 500.000, ia mulai membuat lapis talas.
Untuk mendongkrak penjualan, mba Rizka ini awalnya menawarkan kerjasama langsung ke beberapa hotel di Bogor namun usaha tersebut tidak menghasilkan apapun. Mba Rizka yang mengenal jaringan pengusaha hotel dan resto karena aktif mengikuti pameran yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, mba Rizka melobi pimpinan perhimpunan pengusaha hotel dan restoran di Bogor. Akhirnya ada hotel yang memberinya kesempatan untuk membuka booth jika ada rombongan yang ingin membeli oleh-oleh.
Ternyata Lapis Sangkuriang dengan inovasi dari bahan talas tersebut banyak disukai oleh rombongan pelancong. 6 bulan dari bulan Juni 2011, mba Rizka membuka gerai pertamanya di Jalan Baru Bogor yaitu pada Desember 2011. Dilansir dari Kompas.com, Lapis Sangkuriang banyak diburu karena memiliki rasa yang enak, tekstur lembut dan harga yang terjangkau.
Usaha Lapis Sangkuriang rupanya berkembang dengan cepat, Rizka sempat kewalahan untuk mengelola saat karyawannya masih berjumlah 60 orang, meskipun mengenyam pendidikan magister bisnis namun ia mengakui bahwa sulit untuk mempraktikkan ilmunya di lapangan. Ia kemudian memakai jasa konsultan bisnis atas saran dari temannya, kini karyawannya sudah berjumlah 114 orang dan memiliki 3 gerai lainnya di Jalan Pajajaran Bogor, Jalan Sholeh Iskandar Bogor dan Jalan raya Puncak Ciawi.
Yang ingin membeli kue lapis ini dibatasi hanya 2 kotak saja perorangnya agar semua pelanggan yang datang kebagian. Namun kadang ini juga dikeluhkan para pelanggan, karena sudah mengantri lama-lama tetapi kue Lapis Talas Bogor ini sudah habis. Saat ke Bogor kalian kehabisan untuk membelinya? Ga usah khawatir, kalian bisa mencobanya di rumah. Ini ada resep untuk membuat kue Lapis Talas Bogor yang enak ini. Silahkan dilihat :)
Bahan:
·         4 butir telur
·         100 gr tepung talas
·         100 gr tepung terigu
·         150 gr gula pasir
·         175 gr margarin, lelehkan
·         50 gr susu bubuk
·         1 ½ sendok teh baking powder
·         ½ sendok teh sari pati talas
·         100 gr krim butter siap pakai
·         100 gr keju parut
Cara membuat:
a. Campur tepung terigu, sari pati talas, susu bubuk, dan baking powder, kemudian ayak dengan menggunakan saringan, sisihkan.
b. Kocok telur dan gula pasir selama 15 menit hingga putih dan mengembang. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang margarin, aduk rata.
c.  Tuang adonan hingga setinggi ¼ loyang, ke dalam loyang berukuran 25 cm X 10 cm yang telah diberi alas kertas roti dan diolesi margarin. Kukus selama 15 menit hingga matang, angkat.
d.  Tuang sisa adonan yang telah ditambahkan sari pati talas ke dalam loyang berisi lapisan pertama. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang, angkat, dinginkan.
e.   Oles permukaan kue dengan krim butter hingga rata. Taburi dengan parutan keju. Lapis Bogor siap disajikan.

Mudah bukan? Selamat mencoba :)

This entry was posted on 13.40 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar