Hubungan antara Sistem Informasi dengan Kognisi Manusia  

Posted by: Unknown

Seperti yang sudah dibahas kemarin, hubungan arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia yaitu adanya kesamaan proses mulai dari input hingga output pada sistem kognisis manusia dengan komputer. Bagaimana manusia belajar atau memproses informasi sama halnya dengan bagaimana komputer memproses informasi (Human Information Processing vs. Machine Information Processing). Kognitif manusia dan komputer melalui tiga tahap pemrosesan informasi, yaitu:
·        Storage -> Proses “menaruh” informasi baru ke dalam memori
·        Encoding -> Proses merubah informasi agar mudah disimpan
·        Retrieval -> Proses “menemukan” kembali apa yang telah disimpan sebelumnya di dalam memori agar dapat digunakan/dipanggil kembali
Manusia dan komputer sama uniknya karena komputer memproses informasi sama dengan manusia yang memproses informasi. Rekognisi pola manusia memiliki dua jenis pemrosesan informasi, yaitu data driven dan conceptually driven. Pemrosesan data driven dimulai dengan datangnya data penginderaan. Sedangkan dalam conceptually driven pemrosesan informasi dimulai dengan pembentukan konsep atau harapan individu tentang informasi yang mungkin dijumpainya. Rekognisi pola melibatkan baik pemrosesan data dengan data driven (informasi diterima oleh indera) maupun conceptually driven (pengetahuan yang disimpan di memori). Rekognisi pola (pattern recognition) merupakan proses yang menjembatani antara proses deteksi sinyal penginderaan yang sederhana (yang cenderung data driven) dengan persepsi terhadap pola-pola yang kompleks (yang cenderung conceptually driven).

This entry was posted on 05.58 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar