Sistem Informasi Psikoogi  

Posted by: Unknown


Apa itu Sistem Informasi Psikologi? Sebelum kita bahas apa itu sistem informasi psikologi, mari kita bedah dulu satu-satu perkatanya. Pertama yaitu ada “sistem” menurut Amsyah (2000), sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu kesatuan. Menurut Jogiyanto (2005) sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Menurut Gaol (2008) sistem adalah hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
Berdasarkan dari pengertian ketiga tokoh di atas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu jaringan atau unit-unit membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Setelah kita dapat pengertian dari “sistem” sekarang saya akan membahas pengertian dari “informasi”.
Menurut Amsyah (2005) informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut. Menurut Laudon (dalam Gaol, 2008) informasi adalah data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan oleh manusia. Menurut Moeliono (dalam Gaol, 2008) informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Sedangkan, menurut Davis (dalam Gaol, 2008) informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nanti.
Jadi, dari definisi para ahli di atas saya simpulkan pengertian informasi yaitu data yang berisi penerangan, keterangan, kabar atau berita yang telah di proses dan diolah kedalam bentuk yang berguna bagi si penerimanya.
Sudah dapat pengertian dari “sistem” dan “informasi” kita lanjut pengertian dari psikologi.
Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya. Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi itu merupakan ilmu tentang kesadaran manusia. Menurut Plotnik (2005) psikologi merupakan studi yang sistematik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Pengertian psikologi menurut Muhibbinsyah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat saya simpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
Setelah kita dapat pengertian dari ketiga kata di atas, maka dapat saya simpulkan bahwa “Sistem Informasi Psikologi” adalah suatu jaringan atau unit-unit membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan dengan data yang berisi penerangan, keterangan, kabar atau berita yang telah di proses dan diolah kedalam bentuk yang berguna bagi si penerimanya untuk mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya baik yang disadari maupun tidak disadari.


Source:

Amsyah, Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Basuki, A. M. H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Plotnik, R. (2005). Introsduction of psychology. Australia: Thomson & Wadworth.


This entry was posted on 06.26 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar