Pengaruh Persepsi terhadap Pengambilan Keputusan pada Anak  

Posted by: Unknown

Tulisan ini merupakan tulisan hasil dari BAB 1 untuk penelitian eksperimen yang saya dan kelompok saya lakukan untuk memenuhi nilai mata kuliah psikologi eksperimen. Oke mari kita mulai....


Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses perubahan yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Perubahan yang terjadi pada seseorang tidak hanya meliputi apa yang kelihatan seperti perubahan fisik denganbertambahnya berat badan dan tinggi badan, tetapi juga perubahan perkembangan dalam segi lain sepserti berfikir, emosi, dan bertingkah laku . Adapula sebuah persepsi pada setiap anak yang berbeda-beda. Banyak yang tidak diketahui oleh orang tua tentang persepsi anak. Beberapa orang tua tidak mendengarkan atau melihat pandangan anak dalam memilih atau mengutarakan sesuatu. Anak lebih memilih stimulus yang baru karena lebih menarik perhatiannya daripada sesuatu yang telah  diketahui. Setiap hal yang baru dan menarik akan dipilih oleh anak karena itulah suatu persepsi sangatlah penting untuk mengutarakan sesuatu. Terkadang, hal yang menarik dari orang tua belum tentu menarik untuk anak.
Pada masa periode ini kritis ini, diperlukan rangsangan atau stimulasi yang berguna agar potensinya berkembang. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya (Kania, 2006). Anak memiliki kebutuhan dasar yang sama, sejak lahir seorang anak telah memiliki kebutuhan dasar baik kebutuhan fisik, kasih sayang dan kebutuhan akan stimulus (Soetjiningsih, 1995). Menurut Suherman (2000) kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dalam suatu lingkungan yang menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Kebutuhan akan stimulasi merupakan awal proses belajar (pendidikan dan pelatihan) pada anak (Soetjiningsih, 1995). Hal ini akan mengembangkan perkembangan mental psikososial: kecerdasan, ketrampilan, kreativitas, agama, kepribadian, moral, etika dan produktivitas. Stimulasi merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang anak. Stimulasi harus dilaksanakan dengan penuh perhatian dan kasih sayang dari orang tua sesuai tahap tumbuh kembang anak Stimulasi bisa diperoleh dari lingkungan luar anak berupa latihan dan bermain. (Soetjiningsih, 1995). 
Banyak penelitian atau eksperimen yang dibuat oleh peneliti untuk membuktikan bahwa manusia memiliki persepsi yang berbeda-beda. Masa kanak-kanaklah sangat kental dengan satu proses pencarian informasi yang mendasar, baik secara fisik maupun sosial. Peneliti dari Polytechnic University of Valencia (UPV), Spanyol, dan University of Oxford, Inggris, merekrut 57 orang sukarelawan untuk berpartisipasi dalam riset ini. Mereka diminta mencicipi minuman cokelat panas yang disajikan dalam gelas-gelas plastik berukuran sama. Bagian dalam gelas ini berwarna putih, namun bagian luarnya terbagi menjadi empat warna, yakni putih, krem, merah, serta oranye. Meski hot chocolate di dalam semua gelas sama, partisipan studi mengatakan bahwa rasanya lebih nikmat jika disajikan di gelas berwarna oranye atau krem.

This entry was posted on 06.19 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar