STRESS (3)  

Posted by: Unknown

7.   Penyebab Stres atau Stressor
Stressor adalah faktor-faktor dalam kehidupan manusia yang mengakibatkan  terjadinya respon stres. Stressor dapat berasal dari berbagai sumber, baik dari  kondisi fisik, psikologis, maupun sosial dan juga muncul pada situasi kerja,  dirumah, dalam kehidupan sosial, dan lingkungan luar lainnya. Istilah stressor diperkenalkan pertama kali oleh Selye (dalam Rice, 2002). Menurut Lazarus &  Folkman (1986) stressor dapat berwujud atau berbentuk fisik (seperti polusi  udara) dan dapat juga berkaitan dengan lingkungan sosial (seperti interaksi  sosial). Pikiran dan perasaan individu sendiri yang dianggap sebagai suatu  ancaman baik yang nyata maupun imajinasi dapat juga menjadi stressor.
Menurut Lazarus & Cohen (1977), tiga tipe kejadian yang dapat menyebabkan  stres yaitu:
a.    Daily hassles yaitu kejadian kecil yang terjadi berulang-ulang setiap hari  seperti masalah kerja di kantor, sekolah dan sebagainya.
b.   Personal stressor yaitu ancaman atau gangguan yang lebih kuat atau  kehilangan besar terhadap sesuatu yang terjadi pada level individual seperti  kehilangan orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, masalah keuangan dan  masalah pribadi lainnya.
Ditambahkan Freese Gibson (dalam Rachmaningrum, 1999) umur adalah salah  satu faktor penting yang menjadi penyebab stres, semakin bertambah umur  seseorang, semakin mudah mengalami stres. Hal ini antara lain disebabkan oleh  faktor fisiologis yang telah mengalami kemunduran dalam berbagai kemampuan  seperti kemampuan visual, berpikir, mengingat dan mendengar.

Pengalaman kerja juga mempengaruhi munculnya stres kerja. Individu yang  memiliki pengalaman kerja lebih lama, cenderung lebih rentan terhadap tekanantekanan dalam pekerjaan, daripada individu dengan sedikit pengalaman (Koch &  Dipboye, dalam Rachmaningrum,1999). Selanjutnya masih ada beberapa faktor  lain yang dapat mempengaruhi tingkat stres, yaitu kondisi fisik, ada tidaknya dukungan sosial, harga diri, gaya hidup dan juga tipe kepribadian tertentu  (Dipboye, Gibsin, Riggio dalam Rachmaningrum, 1999).



Sumber:  Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta:Universitas Indonesia
http://www.psychologymania.com/2012/06/ciri-ciri-kepribadian-ekstrovert-dan.html
http://www.psychologymania.com/2012/05/pengertian-stress.html
edukasi.kompasiana.com/2012/.../psikologi-perkembangan-465465.html
http://www.naqsdna.com/2011/01/meditasi-mengendalikan-level-stress.html

This entry was posted on 17.03 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar