PERENCANAAN
Posted
DEFINISI PERENCANAAN
Perencanaan
diperlukan dan sering sekali terjadi dalam berbagai jenis organisasi, karena
perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil keputusan
dan tindakan. Perencanaan juga diperlukan dalam berbagai jenis kegiatan baik
perusahaan, organisasi maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu apakah
perencanaan itu?
Perencanaan
atau sering juga disebut planning
menurut Newman (1951) yaitu planning is
decided in advance what is to be done. Sedangkan menurut Allen (1958) planning is the determination of a course of
action to achieve a desire result. Pada dasarnya yang dimaksud dengan
perencanaan yaitu memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan apa (what), siapa (who), kapan (when),
diamana (where), mengapa (why) dan bagaimana (how) (Handoko, 1986). Kebutuhan akan perencanaan semakin hari
semakin meningkat, dimana peningkatan tersebut punya akibat potensial terbesar
terhadap sukses dan gagalnya memanajemen.
MANFAAT PERENCANAAN
Sebagai
langkah awal dari kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan, perencanaa memilik
manfaat-manfaat sebagai berikut (Alam S, 2007):
1. Perencanaan
dapat membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan
terorganisasi menuju arah yang sama.
2. Perencanaan
yang disusun berdasarkan penelitian yang akurat akan menghindarkan
kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.
3. Perencanaan
memuat standar-standar atau batas-batas tindakan dan biaya sehingga memudahkan
pelaksanaan pengawasan.
4. Perencanaan
dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan, sehingga para
pelaksana memiliki irama atau gerak dan pandangan yang sama untuk mencapai
tujuan suatu organisasi.
JENIS-JENIS PERENCANAAN
Penggolongan
jenis perencanaan dalam manajemen operasi berkaitan erat dengan jenis keputusan
yang diambil dan jangka waktu implementasinya. Semakin strategis jenis keputusan
yang diambil semakin tinggi pula posisi pengambil keputusan. Demikian pula,
semakin panjang jangka waktu implementasinya biasanya juga semakin strategis
sehingga pengambil keputusan juga dilakukan oleh pimpinan level atas atau top manager di perusahaan atau
organisasi. Perencanaan yang menyangkut teknis operasional dan yang tidak
berkaitan dengan investasi usaha berada pada level menengah atau pelaksana. Menurut
Herjanto (2008), secara umum perencanaan dapat dibagi dalam tiga golongan,
yaitu:
1. Perencanaan
jangka panjang (long-term planning)
berhubungan dengan hal-hal strategis sehingga pengambilan keputusannya menjadi
tanggung jawab pimpinan puncak. Perencanaan jangka panjang meliputi penyusunan
kebijakan, misalnya menyangkut likasi fasilitas, penentuan kapasitas,
pengembangan produk baru, penelitian dan pengembangan, serta investasi. Perencanaan
jangka panjang biasanya mencakup waktu implementasi lebih dari dua tahun.
2. Perencanaan
jangka menengah (medium-term planning),
dimulai setelah perencanaan jangka panjang dibuat, umumnya memiliki horizon waktu
sekitar 6 bulan sampai 2 tahun. Perencanaan ini merupakan tugas manajer
operasi, yang akan membuat keputusan taktis. Perencanaan jangka menegah harus
konsisten dengan strategi yang telah dibuat pimpinan puncak dan dilaksanakan
diantara sumber daya yang telah diputuskan/disediakan oleh keputusan strategi
sebelumnya. Termasuk dalam kelompok perencanaan jangka menengah antara lain,
perencanaan penjualan, perencanaan produksi agregat, penentuan tingkat
persediaan.
3. Perencanaan
jangka pendek (short-term planning),
mencakup waktu yang relatif pendek, biasanya tidak lebih dari 6 bulan. Perencanaan
ini menjadi tanggung jawab personel operasi yang bkerja dengan penyelia atau
kepala seksi untuk menjabarkan perencanaan jangka menengah menjadi rancana
operasional dalam bulanan, mingguan, atau harian. Perencanaan jangka pendek
harus dilakukan secara jelas agar tidak menimbulkan salah persepsi atau
kebingungan dalam implemenatasinya. Jenis kegiatan yang dapat digolongkan
sebagai perencanaan jangka pendek ialah penugasan kerja baik untuk manusia
maupun mesin, pembebanan pekerjaan, penjadwalan, pengurutan jenis pekerjaan,
dan pengiriman.
Alam S, Drs. 2007. Ekonomi. Jakarta: Esis.
Allen, Louis A. 1958. Management and Organization. New York:
McGraw-Hill Book Company.
Handoko, T. Hani. 1986. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Newman, William H. 1951. Administrative Action: The Techniques of
Organization and Management. New York: Prentice-Hall, Inc.
This entry was posted
on 08.38
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
.