MANAJEMEN  

Posted by: Unknown

DEFINISI MANAJEMEN

 Kita sering sekali mendengar istilah manajemen dalam berbagai hal. Disadari ataupun tidak disadari, dalam kehidupan manusia selalu menggunakan konsep manajemen. Lalu, apakah manajemen itu?. Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam. Bila dilihat literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian (Mukhyi dan Imam Hadi, 1995):
1.       Manajemen sebagai suatu proses
2.       Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3.       Manajeman sebagai ilmu (science) dan sebaga seni (art)
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat pengertian menurut:
1.  Encyclopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2. Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3. Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen sebagai suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktifitas manajemen disebut manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktifitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari:
1.  Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Harol Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan George R Terry.
2. Marry Parker Follet, menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

JENIS-JENIS MANAJEMEN

            Menurut Mukhyi dan Imam Hadi (1995), bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu:
1.   Manajemen Lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2.  Manajemen Menengah (Midle Manager) yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi, kepala devisi dan lain sebagainya.
3. Manajemen Puncak (Top Manager), terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan yang khas untuk manajemen puncak ini adalah Chief Executive officer (Direktur Utama), Presiden dan Senior Vicepresident.
Menurut lingkungan kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi dua yaitu:
1.  Manajer Fungsional. Bertanggung jawab pada satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya, yang dipusatkan oleh kesamaan tugas.
2.   Manajer Umum. Membawahi unit yang lebih rumit, misalnya sebuah perusahaan cabang atau bagian operasional yang independen yang bertanggung jawab atas semua kegiatan unit.

Sumber: Mukhyi, M. Abdul dan Imam H. Saputro. 1995. Pengantar Manajemen Umum. Edisi ke-2. Jakarta: Gunadarma.

This entry was posted on 08.17 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the .

0 komentar

Posting Komentar