MANAJEMEN
Posted
DEFINISI MANAJEMEN
Kita sering sekali mendengar istilah manajemen
dalam berbagai hal. Disadari ataupun tidak disadari, dalam kehidupan manusia
selalu menggunakan konsep manajemen. Lalu, apakah manajemen itu?. Dalam
mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam. Bila dilihat
literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga
pengertian (Mukhyi dan Imam Hadi, 1995):
1. Manajemen
sebagai suatu proses
2. Manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
3. Manajeman
sebagai ilmu (science) dan sebaga seni (art)
Manajemen
sebagai suatu proses, melihat
bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih
dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat pengertian
menurut:
1. Encyclopedia
of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan
tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2. Haiman, manajemen
yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi
usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3. Georgy R.
Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu
dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen
sebagai suatu kolektivitas yaitu
merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai
suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang
disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap
terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktifitas manajemen disebut
manajer.
Manajemen
sebagai suatu ilmu dan seni, melihat
bagaimana aktifitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari
manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari:
1. Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the Executive, bahwa
manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Harol Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz
Cyril O’donnel dan George R Terry.
2. Marry Parker Follet, menyatakan bahwa manajemen
sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari definisi
di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber
daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja,
pengarahan dan pengawasan, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih
dahulu.
JENIS-JENIS MANAJEMEN
Menurut
Mukhyi dan Imam Hadi (1995), bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi,
manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu:
1. Manajemen
Lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam
suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang
lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas
teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2. Manajemen
Menengah (Midle Manager) yaitu
mencakup lebih dari satu tingkatan dalam organisasi. Manager menengah
mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang
melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya Kepala Bagian yang membawahi
kepala seksi, kepala devisi dan lain sebagainya.
3. Manajemen
Puncak (Top Manager), terdiri atas
kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan
dari organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing
hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan yang khas untuk manajemen
puncak ini adalah Chief Executive officer
(Direktur Utama), Presiden dan Senior Vicepresident.
Menurut
lingkungan kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi dua yaitu:
1. Manajer
Fungsional. Bertanggung jawab pada satu kegiatan organisasi, seperti produksi,
pemasaran, keuangan dan lain sebagainya, yang dipusatkan oleh kesamaan tugas.
2. Manajer
Umum. Membawahi unit yang lebih rumit, misalnya sebuah perusahaan cabang atau
bagian operasional yang independen yang bertanggung jawab atas semua kegiatan
unit.
Sumber: Mukhyi,
M. Abdul dan Imam H. Saputro. 1995. Pengantar
Manajemen Umum. Edisi ke-2. Jakarta: Gunadarma.
This entry was posted
on 08.17
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
.